ngobrol yuk!!

Blogger Ras Bebas!!

Posted by Siejjak - -

jika kita berbicara tentang ras bebas, hal pertama yang akan terlintas pada pikiran kita adalah kebebasan yang tidak bertanggung jawab atau malah diluar batas. maka dari itu, sebelum saya berbicara panjang lebar sebaiknya kita ubah dulu paradigma kita tentang ras bebas. buang jauh - jauh pendapat tentang kebebasan yang tidak bertanggung jawab agar pikiran kita dapat terbuka dan dapat menerima masukan - masukan yang positif.

ras, jika diartikan secara harfiah merupakan kelompok suku atau golongan bangsa berdasarkan ciri - ciri fisik dan garis keturunan, tapi disini saya tidak akan membicarakan tentang ras secara arti harfiah karena akan mengundang konflik dan masuk dalam kategori SARA. disini saya akan membicarakan ras dalam sudut pandang blogger dan semoga dapat membuahkan inspirasi - inspirasi baru untuk teman - teman kawinpaksa dengan pendapat teman - teman sendiri.
blogger ras bebas, sebuah kalimat sederhana yang saya angkat untuk membenarkan kita para blogger untuk bebas berpendapat pada komplek blogging kita masing - masing, pada tulisan ini saya menganggap blogger sebagai sebuah ras terpisah pada kehidupan maya, pada kehidupan maya kita layaknya jurnalis yang memiliki hukumnya sendiri, hukum tidak tertulis yang tidak membenarkan kopi paste sebenarnya, hukum yang tidak akan pernah berlaku pada kehidupan nyata.
bukan berarti saya menghakimi orang - orang yang melakukan kopi paste, tapi bukankah tindakan tersebut akan membuat pikiran kita menjadi tumpul, dan membuat kita makin tergantung dengan kebiasaan itu, maka mari kita buang jauh - jauh kebiasaan kopi paste itu karena sebenarnya lebih enak kopi susu atau cappucino.
tapi kita kembali lagi pada pengertian blogger ras bebas menurut saya. karena blogger merupakan ras bebas maka apapun yang ia lakukan untuk mengolah konten komplek bloggingnya juga merupakan bagian dari kebebasannya. jika ada blogger yang sengaja melakukan kopi paste dan tidak memasukkan link sumbernya kita anggap saja dia khilaf haha. walau bagaimanapun komplek blogging merupakan hak gunapakai masing - masing blogger.
maka untuk kenyamana masing - masing blogger saya mencetus kan kembali judul artikel ini, blogger adalah ras bebas sehingga mereka memiliki kebebasan untuk mengolah konten mereka, namun bukan berarti kebebasan tersebut tidak bertanggung jawab, kebebasan itu tetap harus dalam batas kewajaran karena negeri tetangga kita INDONESIA belum sepenuhnya menghargai kebebasan dalam berpendapat pada komplek blogging kita masing - masing..
salam Blogging dari saya dan segenap kru yang bekerja dibalik layar (hanya saya tepatnya haha)

Leave a Reply

tinggalin jejak kalian ya

teman2