ngobrol yuk!!

Amankah Komputer Kita? Pikir lagi...

Posted by Siejjak - -

halo sahabat, kali ini saya sekali lagi mendapat tugas menulis sebuah artikel yang kebetulan berhubungan dengan keamanan komputer, oleh karena itu disini saya selain membagi pengalaman, saya juga ingin agar sahabat berbagi pengetahuan tentang keamanan komputer itu sendiri.
hmmm... mungkin lebih baik kalau di mulai dari pendapat orang yang ahli dalam bidang keamanan komputer itu sendiri. Menurut Garfinkel dan spafford,  "komputer dikatakan aman jika bisa diandalkan dan perangkat lunaknya bekerja sesuai dengan yang diharapkan". nah keamanan komputer ini memiliki 5 tujuan diantaranya :
  1. Availability / ketersediaan : ketersediaan berhubungan dengan keberadaan  informasi yang di butuhkan oleh end user (pengguna), maka ketika ketersediaan informasi yang dibutuhkan oleh user sudah tidak ada atau hilang, komputer bisa dikatakan sudah tidak aman.
  2. Confidentiality / privacy : berhubungan dengan kerahasiaan data yang ada pada komputer, maksudnya adalah pembatasan akses user - user yang dapat membuka suatu berkas, penyerang umumnya melakukan serangan bertujuan untuk membuka berkas - berkas confidential ini.
  3. Data Integrity / integrasi data : integrasi data ini bertujuan untuk menjaga ketepatan data dan menjamin tidak ada pihak - pihak yang mnegubah atau menangkap paket data tanpa ijin.
  4. Control : bertujuan untuk me-manage resource - resource yang dimiliki 
  5. Audit : keamanan komputer juga memiliki tujuan audit yang bertujuan untuk memudahkan dalam melakukan pemeriksaan.
nah kelima poin diatas adalah tujuan dari keamanan komputer, tapi bagaimana cara menjaga agar komputer kita tetap aman? apalagi dengan semakin maraknya perang cyber dan orang - orang tidak bertanggung jawab yang dengan sengaja membuat virus untuk kemudian di sebarkan di dunia maya untuk keuntungan pribadi.
secara pribadi saya termasuk orang yang tidak suka bertukar data melalui flashdisk, karena menurut saya flashdisk adalah media pertama penyebaran malware (virus, spyware, worm, dll) setelah internet, nah walaupun terpaksa harus bertukar data melalui flashdisk ada baiknya agar fitur autorun dimatikan untuk kebaikan komputer anda sendiri dan jangan lupa untuk melakukan pemindaian atau bahasa kerennya scan menggunakan antivirus yang anda punya, tentu saja yang engine dan library-nya rajin anda update.
pengguna windows di indonesia umumnya tidak waspada terhadap celah - celah kemanan dari windows itu sendiri, sehingga jarang sekali melakukan update untuk sistem operasi mereka, padahal update - update yang dilakukan windows bertujuan untuk menutup celah - celah keamanan dan memperbaiki bug serta error yang ada pada versi sebelumnya, tapi saya maklum karena penggunanya sebagian besar menggunakan windows yang tidak legal, sehingga harapan untuk update windows bisa dikatakan hilang.
hal lain yang perlu diperhatikan adalah karakteristik virus yang ada, untuk mempelajari karakteristik - karakteristik virus, banyak virus dibuat hanya untuk membuat korbannya bingung, misalnya hanya menyembunyikan file atau menggandakan diri, namun ada juga virus - virus kurang ajar yang mampu merusak sistem operasi kita, oleh karena itu sekali lagi saya anjurkan agar anda rajin update engine dan library antivirus anda.
yang perlu diperhatikan lagi adalah saat - saat browsing, ingat tidak semua orang yang bisa browsing juga bisa menjaga keamanan komputernya saat browsing. nah orang - orang seperti inilah yang paling rentan dalam menjaga keamanan komputer, umumnya mereka mengabaikan apapun yang masuk ke komputer mereka selama mereka tetap bisa browsing, contohnya adalah melakukan sembarang klik, tidak jarang link - link yang diberikan mengandung spyware yang siap mengobrak - abrik komputer anda jadi saran saya disini adalah berinternet secara sehat.
nah saya rasa untuk saat ini cukup sekian dulu mengenai keamanan komputer ini, lain kali jika ada ilmu tambahan tentunya akan di update lagi, cao

source : http://id.wikipedia.org/wiki/Keamanan_komputer

Leave a Reply

tinggalin jejak kalian ya

teman2